download file
Inovasi Pendidikan di Daerah Kumuh
Inovasi Pendidikan
Ilmu pengetahuan telah berhasil menemukan berbagai posisi yang tepat
dimana kita bisa melihat diri kita sendiri
Dan karena itulah ilmu pengetahuan sangat bernilai
Jadi, posisi yang tepat yang Anda ambil
akan menentukan secara virtual apa yang akan Anda lihat.
Pertanyaan yang akan Anda ajukan
akan menentukan tingkat jawaban yang akan Anda terima.
Dan jika Anda menanyakan pertanyaan seperti ini:
Dimana Anda akan menemukan masa depan pendidikan?
Maka jawaban yang secara tradisional kita berikan pada pertanyaan tersebut
sangat gampang, setidaknya pada 20 tahun terakhir
Pergilah ke Finlandia
sebab Finlandia adalah tempat terbaik di dunia jika Anda ingin melihat sistem sekolah
Orang-orang Finlandia mungkin sedikit membosankan dan depresif, dan karenanya angka bunuh diri disana sangat tinggi
tapi sesungguhnya mereka adalah bangsa yang berkualitas
Dan mereka memiliki sistem pendidikan yang sangat luar biasa hebat.
Dan karena itulah kami semua pergi ke Finlandia,
dan kami menyelidiki kehebatan demokrasi sosial bangsa Finlandia
serta homogenitas kebudayaan dan aspek-aspek lainnya,
dan kemudian kami berupaya keras untuk menemukan pelajaran apa yang
dapat kami bawa pulang.
Dan akhir tahun ini,
berkat bantuan dari Cisco yang mensponsori saya,
karena alasan yang sedikit absurd,
saya mencoba mencari tahu jawabannya di daerah lain.
Sebab kadang, inovasi yang radikal itu
muncul dari tempat yang paling hebat
tapi kadang juga muncul dari tempat-tempat
dimana kebutuhan hidup yang sangat utama
tak terpenuhi, kekurangan
dan tak mencukupinya sumber daya untuk bekerja --
solusi tradisional yang berbiaya tinggi
yang tergantung pada para profesional,
yakni sekolah dan rumah sakit.
Jadi, tibalah saya pada tempat-tempat seperti itu
Ini adalah sebuah tempat yang bernama Monkey Hill.
Salah satu dari ratusan perkampungan kumuh di pinggiran kota Rio.
Pertumbuhan populasi untuk 50 tahun kedepan kebanyakan
akan berada di wilayah perkotaan.
Populasi tersebut akan tumbuh menjadi enam kota dengan 12 juta penduduk per tahun
untuk 30 tahun ke depan.
Hampir semua pertumbuhan seperti itu terjadi di negara maju
Hampir semua pertumbuhan seperti itu terjadi di
tempat-tempat seperti Monkey Hill.
Disanalah Anda akan menemukan pertumbuhan
populasi generasi muda tercepat di dunia.
Jadi, jika anda mencari resep untuk bekerja --
untuk segala sesuatu -- kesehatan, pendidikan,
politik pemerintahan
dan pendidikan --
maka Anda harus pergi ke tempat-tempat seperti ini.
Dan jika Anda pergi ke tempat-tempat seperti ini, maka Anda akan bertemu dengan orang-orang seperti ini.
Anak muda ini bernama Juanderson.
Umurnya 14 tahun
seperti umumnya anak usia 14 tahun di Brazil,
dia keluar dari sekolah.
Sekolah membosankan.
Dan Juanderson malah pergi
ke tempat yang memberikan kesempatan dan harapan
di tempat dimana dia memperoleh kehidupan, yakni perdagangan obat
Dan menginjak usia 16 tahun, dengan promosi yang cepat
dia berhasil menjalankan perdagangan obat-obatan di 10 perkampungan
Dia berhasil meraih pendapatan 200,000 dollar dalam sepekan
Dia mempekerjakan 200 orang
Dia hampir mati pada usia 25 tahun
Dan untungnya, dia bertemu dengan orang ini
namanya Rodrigo Baggio,
pemilik laptop pertama yang pernah ada di Brazil
tahun 1994, Rodrigo memulai suatu pekerjaan
bernama CDI
dimana dia mengumpulkan komputer
sumbangan dari berbagai perusahaan
dan menempatkannya di balai masyarakat pada berbagai perkampungan kumuh
dan membangun tempat seperti ini.
Yang membuat Juanderson berubah adalah
tekhnologi untuk belajar
yang menjadikan belajar sebagai kegiatan yang menyenangkan dan mudah diakses
Atau Anda juga dapat pergi ke tempat seperti ini.
Ini adalah Kibera, perkampungan kumuh terbesar di Afrika Timur.
Jutaan orang tinggal disini
yang membentang luas puluhan kilometer
Dan disana saya bertemu dua orang ini,
yang kiri Azra dan yang kanan adalah Maureen
Mereka baru saja lulus
pendidikan menengah di Kenya
Informasi tersebut menunjukan pada anda bahwa sistem pendidikan di Kenya
meniru hampir semuanya
dari Britania, sekitar tahun 1950,
namun malah berhasil membuat kondisinya menjadi semakin buruk.
Ada banyak sekolah di daerah kumuh seperti ini
Sekolah-sekolah seperti ini
Disinilah Maureen bersekolah
Sekolah-sekolah tersebut adalah sekolah swasta. Tidak ada sekolah negeri di daerah kumuh
Dan pendidikan yang mereka peroleh sangat menyedihkan.
Hal itu berlangsung di tempat-tempat seperti ini. Ini adalah sekolah yang dikelola oleh beberapa orang biarawati
di daerah kumuh lainnya bernama Nakuru
Setengah dari jumlah siswa di kelas ini tak memiliki orang tua
karena mereka meninggal akibat AIDS
setengahnya lagi hanya memiliki orang tua tunggal
sebab orang tua yang satunya lagi juga meninggal karena AIDS
Jadi, tantangan pendidikan
di tempat-tempat seperti ini
bukanlah mengajarkan pengetahuan tentang raja dan ratu Kenya atau Inggris
melainkan mengajarkan pelajaran untuk mampu bertahan hidup, untuk mampu memperoleh penghidupan
untuk tidak menjadi pengidap HIV
Teknologi yang bisa digunakan oleh orang kaya dan miskin
di tempat-tempat seperti ini
bukanlah teknologi yang ada kaitannya dengan teknologi industri
Bukan yang ada kaitannya dengan listrik dan air
Melainkan telepon seluler.
Jika Anda ingin mendesain dari awal
jasa layanan apapun di Afrika,
maka Anda dapat memulainya sekarang dengan telepon seluler
Atau Anda dapat pergi ke tempat-tempat seperti ini
Ini adalah tempat bernama Madangiri Settlement Colony
yakni sebuah daerah kumuh yang sangat maju
berjarak sekitar 25 menit di luar kota New Delhi
disana saya bertemu dengan orang-orang ini
yang mengantar saya berkeliling seharian
Hal yang hebat dari anak-anak gadis ini,
dan tanda adanya revolusi sosial
yang bergerak di seluruh negara berkembang
adalah bahwa anak-anak gadis ini belum menikah
10 tahun yang lalu, mereka pasti sudah menikah
Sekarang, mereka belum menikah dan bercita-cita ingin terus
melanjutkan studi, berkarir
Mereka dipelihara oleh ibu yang buta huruf
yang tidak pernah membantu mengerjakan PR
Di negara berkembang di seluruh dunia, terdapat jutaan orang tua
puluhan atau bahkan ratusan juta
yang untuk pertama kalinya
membantu anak-anak mereka mengerjakan PR dan latihan
Dan alasan mereka melanjutkan pendidikan
bukan karena mereka bersekolah di sekolah seperti ini
Ini adalah sebuah sekolah swasta
Bersekolah disini tidak gratis. Ini adalah sekolah yang bagus
Sekolah ini adalah yang terbaik
yang ada di Hyderabad pada sistem pendidikan di India
Alasan mereka tetap melanjutkan pendidikan adalah ini
Ini adalah sebuah komputer yang dipasang di pintu masuk perkampungan kumuh mereka
oleh seorang entrepreneur sosial yang revolusioner
namanya Sugata Mitra
yang mengadopsi eksperimen paling radikal
dengan menunjukan bahwa pada kondisi yang tepat, anak-anak
dapat belajar dengan mandiri berkat bantuan komputer
Anak-anak gadis tersebut tidak pernah mengenal Google
Mereka tidak tahu apa-apa soal Wikipedia
Bayangkan hidup mereka akan seperti apa
jika mereka tahu Google dan Wikipedia
Jadi, jika Anda melihat, seperti yang saya lakukan
disepanjang perjalanan ini,
dan dengan melihat ratusan studi kasus
tentang para entrepreneur sosial yang berbeda-beda
yang bekerja pada kondisi yang sangat ekstrim,
perhatikan resep belajar yang mereka hasilkan
tempat-tempat ini sama sekali tidak mirip sekolah
Terlihat seperti apakah mereka?
Pendidikan adalah sebuah agama global
Dan pendidikan, ditambah dengan teknologi
adalah sumber harapan yang sangat hebat
Anda dapat pergi ke tempat-tempat seperti ini
Ini adalah sebuah sekolah berjarak 3 jam dari di Sao Paulo
Kebanyakan orang tua siswa di sekolah tersebut buta huruf
Banyak dari mereka yang tak memiliki listrik di rumahnya
Namun jelas mereka
mampu menggunakan komputer, membuka website
membuat video, dan sebagainya
Ketika Anda pergi ke tempat-tempat seperti ini
yang akan Anda lihat adalah bahwa
pendidikan pada lingkungan seperti ini
hanya dapat berfungsi dengan tarikan, bukan dorongan
Kebanyakan sistem pendidikan di kita berupa dorongan
Saya didorong untuk bersekolah
Ketika Anda di sekolah, segala sesuatu didorong pada Anda
pengetahuan, ujian,
sistem, jadwal pelajaran
Jika Anda ingin menarik orang seperti Juanderson,
yang misalnya, mampu
membeli senjata, mengenakan perhiasan
mengendarai sepeda motor dan bermain perempuan,
dengan cara berdagang obat-obatan
dan Anda ingin menariknya menuju pendidikan
maka memiliki kurikulum tidaklah terlalu masuk akal
Kurikulum sekolah sama sekali tidak menarik untuknya
Anda harus menariknya
Dan karena itulah pendidikan harus dijalankan dengan tarikan, bukan dorongan
Dan karena itu pula gagasan penggunaan kurikulum
sangat tidak relevan pada lingkungan seperti ini
Anda harus memulai pendidikan
dari segala hal yang dapat menciptakan perbedaan
bagi mereka yang ada di lingkungan mereka
Apakah yang sanggup melakukan hal itu?
Kuncinya adalah motivasi, dan terdapat dua aspek motivasi
Pertama adalah memberikan motivasi ekstrinsik
Menunjukkan bahwa pendidikan mampu memberikan hasil
Sistem pendidikan kita semuanya bekerja
dengan prinsip mampu memberikan hasil timbal balik,
tapi Anda harus menunggu lama untuk memperoleh hasil timbal balik itu
Terlalu lama jika Anda adalah orang miskin
Menunggu sepuluh tahun untuk dapat memperoleh hasil timbal balik dari pendidikan
terlalu lama jika Anda termasuk orang yang harus memenuhi kebutuhah hidup sehari-hari
ketika Anda memiliki saudara-saudara yang harus anda rawat
atau usaha yang harus Anda jalankan
Jadi, Anda membutuhkan pendidikan yang relevan dan mampu membantu orang-orang
untuk bertahan hidup dalam lingkungan seperti itu.
Dan Anda juga harus berupaya agar pendidikan menarik secara intrinsik
Dan kembali, saya bertemu dengan orang seperti ini
Dia adalah orang yang sangat luar biasa, namanya Sebastiao Rocha,
dari Belo Horizonte,
kota terbesar ketiga di Brazil
Dia berhasil menemukan lebih dari 200 permainan
yang dapat digunakan untuk mengajar pelajaran apapun secara virtual di ruang terbuka
Di sekolah-sekolah dan lingkungan masyarakat
dimana Taio bekerja
tiap hari belajar selalu dimulai dalam sebuah lingkaran
dan selalu diawali dengan sebuah pertanyaan
Bayangkan, sebuah sistem pendidikan yang dimulai dari pertanyaan,
bukan dari pengetahuan yang akan disampaikan
atau dimulai dari permainan, bukan dari pelajaran,
atau dimulai dari dasar pemikiran
bahwa Anda harus membuat orang merasa terlibat dan tertarik
sebelum Anda mengajari mereka
Sistem pendidikan kita,
Anda melakukan segala sesuatu sesudahnya, jika Anda beruntung
olahraga, drama, musik.
Hal-hal seperti itu, mereka ajarkan dengan cara menyeluruh
Mereka menarik orang untuk belajar
sebab pelajaran tersebut sesungguhnya merupakan sebuah proyek tarian
atau sebuah proyek sirkus
atau, contoh terbaiknya --
El Sistema di Venezuela --
pelajaran itu berupa sebuah proyek musik.
Dan Anda menarik orang untuk belajar dengan proyek-proyek seperti itu,
bukan menjalankan proyek tersebut setelah
semua pembelajaran telah dilaksanakan
dan Anda telah memakan semua makanan kognitif Anda
Jadi El Sistem di Venezuela
menggunakan sebuah biola sebagai teknologi untuk belajar
Taio Rocha menggunakan kegiatan membuat sabun
sebagai teknologi pembelajaran
Dan apa yang dapat Anda temukan dari skema-skema tersebut
adalah bahwa mereka menggunakan orang-orang dan tempat
dengan cara yang sangat luar biasa kreatif.
Pola pembelajaran peer learning
Bagaimana Anda membuat orang-orang belajar
ketika tidak ada guru,
ketika guru tidak mau datang, ketika Anda tidak dapat membayar mereka untuk mengajar
dan bahkan ketika Anda mampu memiliki guru sekalipun
apa yang mereka ajarkan tidak relevan dengan komunitas yang mereka ajar
Makanya, Anda harus menciptakan guru Anda sendiri
Anda menciptakan pola peer-to-peer learning ...
atau Anda menciptakan pola para-guru, atau Anda membawa seseorang yang memiliki ketrampilan khusus
Namun Anda mampu menemukan cara belajar yang relevan bagi semua orang
melalui teknologi, orang dan tempat-tempat yang berbeda
Ini adalah sekolah dalam sebuah bus
pada sebuah lokasi bangunan
di Pune, kota dengan pertumbuhan tercepat di Asia
Pune memiliki 5.000 lokasi bangunan
dengan 30.000 anak
pada lokasi-lokasi bangunan tersebut
Itu terjadi di satu kota
Bayangkan ledakan urbanisasi
yang akan terjadi di berbagai tempat di bagian negara berkembang
dan berapa ribu anak
yang akan menghabiskan masa sekolah mereka di lokasi bangunan
Ini adalah sebuah skema yang sangat sederhana
untuk memberikan pengajaran pada anak-anak tersebut melalui sebuah bus
Dan mereka semua memperlakukan pembelajaran
bukan sebagai sebuah bentuk akademik, bukan sebuah aktivitas analitis,
melainkan sebagai sesuatu yang produktif,
sesuatu yang Anda ciptakan,
sesuatu yang dapat Anda lakukan, mungkin juga dapat mengambil penghasilan untuk mampu hidup darinya
Dan saya bertemu dengan orang ini, Steven.
Dia menghabiskan tiga tahun hidup di jalanan Nairobi
karena orangtuanya meninggal akibat AIDS
Dan akhirnya dia bisa diajak kembali ke sekolah
bukan oleh staff GCSE
melainkan oleh tawaran belajar untuk menjadi seorang tukang kayu
sebuah keterampilan praktis
Bahkan sekolah yang paling trendi di dunia,
High Tech High dan yang lainnya,
mereka memiliki filosofi belajar sebagai sebuah aktifitas produktif
Disini, sama sekali tidak ada pilihan
Belajar harus menjadi sebuah kegiatan yang produktif
agar belajar tersebut mampu dipahami
Dan terakhir, mereka memiliki model skala yang berbeda
Yakni model restoran China
tantang bagaimana melakukan penskalaan
Dan saya mempelajari hal tersebut dari orang ini,
seorang yang sangat luar biasa
Dia mungkin entrepreneur sosial bidang pendidikan
yang paling hebat di dunia
Namanya Madhav Chavan
dia menciptakan sesuatu yang disebut Pratham
yang menjalankan kelompok bermain pra-sekolah
saat ini, mampu melayani pendidikan untuk 21 juta anak di India
Pratham merupakan LSM pendidikan terbesar di dunia
Pratham juga mendukung agar anak-anak dari masyarakat kelas pekerja di India untuk bersekolah
Dia seorang yang revolusioner
Dia sesungguhnya memiliki latar belakang sebagai organizer serikat buruh
Dan dari sanalah dia mempelajari keterampilan
untuk membangun organisasinya
Ketika mereka mencapai tahapan tertentu,
Pratham mampu meraih sesuatu yang cukup besar untuk menarik
bantuan sukarela dari McKinsey
McKinsey datang dan melihat model Pratham, dan berkata
"Kamu tahu apa yang harus dilakukan dengan ini, Madhav?
Kamu harus merubahnya menjadi seperti McDonald's
Dan apa yang harus kamu lakukan ketika pergi ke suatu tempat yang baru
adalah menjalankan usaha waralaba
Dan kemanapun kau pergi, hal ini tetap akan dijalankan secara serupa
Reliabel dan orang tahu dengan pasti kemana mereka pergi
Dan tak akan ada kesalahan"
Dan Madhav berkata,
"Kenapa kami harus melakukannya dengan cara seperti itu?
Kenapa kita tidak melakukannya dengan model restoran China?"
Restoran China terdapat dimana-mana
tapi tidak ada yang namanya jaringan waralaba restoran China
Namun, semua orang tetap tahu seperti apa restoran China
Mereka tahu apa yang akan disajikan, meski terdapat sedikit perbedaan
warna dan namanya mungkin berbeda-beda
Anda tahu restoran China ketika Anda melihatnya
Orang-orang ini bekerja dengan model restoran China
Mereka memiliki prinsip yang sama dengan aplikasi dan lingkungan yang berbeda-beda
Bukan seperti model McDonald's
Model McDonald's membesar
Model restoran China menyebar
Begitu juga dengan pendidikan masyarakat
yang dimulai dengan entrepreneurship sosial
pada abad ke-19
Dan itulah yang sangat kita butuhkan
pada skala global
Dan apa yang dapat kita pelajari dari semua itu?
Banyak hal yang dapat kita pelajari
sebab sistem pendidikan kita
sedang mengalami kegagalan yang parah dalam banyak hal
Mereka gagal untuk menjangkau orang
yang paling butuh untuk dilayani
Mereka seringkali mampu mencapai target tapi tidak mampu mencapai tujuan
Upaya peningkatan semakin
sulit untuk diorganisir
Keyakinan kita pada sistem ini semakin memudar
Dan ini adalah cara yang paling sederhana
untuk memahami inovasi apa,
desain berbeda seperti apa yang kita butuhkan.
Terdapat dua jenis inovasi
Ada inovasi berkelanjutan,
yang akan menopang institusi atau organisasi yang ada,
dan ada juga inovasi disruptif,
yang akan merombak struktur yang ada dan menciptakan cara baru yang berbeda dalam melakukan sesuatu
Terdapat lingkungan-lingkungan formal,
seperti sekolah, kampus, rumah sakit,
dimana inovasi dapat terjadi,
dan lingkungan non-formal, seperti masyarakat,
keluarga, jaringan sosial,
Hampir semua usaha kita berjalan pada kotak ini,
inovasi berkelanjutan dilakukan pada lingkungan formal
berupaya mendapatkan versi yang lebih baik
dari sistem sekolah Bismarckian
yang berkembang pada abad ke-19
Dan seperti yang saya katakan, masalah yang muncul dari melakukan hal ini adalah bahwa,
di negara-negara berkembang
tidak terdapat banyak guru yang mampu menjalankan model inovasi seperti ini
butuh jutaan guru
di China, India, Nigeria
dan di belahan dunia lainnya guna memenuhi kebutuhan inovasi dalam pendidikan.
Dan pada sistem di kita, kita tahun
bahwa hanya dengan melakukan inovasi seperti itu secara lebih baik saja tidak akan mampu
menutupi kesenjangan pendidikan,
khususnya di perkotaan
dan wilayah-wilayah bekas perindustrian.
Oleh karena itu kita butuh tiga jenis motivasi yang lain
Kita harus melakukan reinvention, penemuan kembali
Dan di seluruh belahan dunia saat ini, Anda melihat
semakin banyak sekolah yang melakukan reinvention
Mereka dapat dikenali sebagai sekolah, namun mereka nampak berbeda
Terdapat sekolah-sekolah dalam Big Picture
di Amerika Serikat dan Australia
Ada sekolah-sekolah Kunscap Skolan
di Swedia
yang dari 14 sekolah tersebut
hanya dua diantaranya yang berbentuk seperti sekolah pada umumnya
Kebanyakan dari sekolah-sekolah tersebut melakukan pembelajaran di bangunan yang tidak dirancang seperti sebuah sekolah
Terdapat sebuah sekolah yang luar biasa hebat di Utara Queensland
yang disebut dengan Jaringan
Dan semua sekolah tersebut memiliki kesamaan ciri,
sangat kolaboratif, sangat terpersonalisasikan,
dan dijalankan dengan menggunakan teknologi pervasif
Pembelajaran dimulai dari pertanyaan
dari masalah, dari proyek
bukan dari pengetahuan dan kurikulum
Jadi, kita tentunya sangat membutuhkan sesuatu yang lebih dari itu semua
Namun dikarenakan begitu banyak isu tentang pendidikan
bukan hanya berasal dari sekolah
melainkan juga dari keluarga dan masyarakat,
maka tentunya yang anda butuhkan,
adalah pada sisi kanan ini
Anda membutuhkan usaha untuk mendukung sekolah-sekolah
Contoh paling terkenal dari model ini adalah Reggio Emilia di Italia
sebuah sistem pembelajaran berbasis keluarga
yang bertujuan mendukung dan mendorong orang-orang di sekolah
Contoh yang paling menarik adalah the Harlem Children's Zone
yang lebih dari 10 tahun, dipimpin oleh Geoffrey Canada,
melalui proyek perpaduan antara sekolah,
keluarga, dan masyarakat,
berupaya untuk mentransformasikan, bukan hanya pendidikan di sekolah-sekolah,
tapi juga seluruh kultur dan aspirasi
dari sekitar 10.000 keluarga di Harlem.
Kita butuh lebih banyak
pemikiran yang sepenuhnya baru dan radikal
Anda bisa pergi ke tempat-tempat yang jaraknya sejam, atau kurang,
dari ruangan ini,
di jalanan sana,
membutuhkan radikalisme dari sesuatu yang belum pernah kita bayangkan
Dan terakhir, Anda membutuhkan inovasi transformasional
yang dapat mendorong orang untuk belajar
dengan cara yang sepenuhnya baru dan berbeda
Saat ini kita hampir mendekati tahun 2015,
masa-masa penuh prestasi luar biasa,
"schoolifikasi" dunia.
Tiap anak berusia 15 tahun yang ingin memperoleh sebuah tempat di sekolah
akan mampu memperolehnya pada tahun 2015
Hal itu merupakan sesuatu yang luar biasa
Namun,
tidak seperti mobil yang dirangkai
dengan cepat dan tertata,
sesungguhnya sistem sekolah nampaknya
masih mewarisi model sekolah dari abad ke-19
dari model sekolah Bismarkian Jerman
yang kemudian diterapkan oleh para reformer di Inggris
dan sering juga oleh
para misionaris
diterapkan di Amerika Serikat
sebagai sebuah dorongan kohesi sosial
dan kemudian diterapkan di Jepang dan Korea Selatan seiring dengan pembangunan mereka
Jelas nampaknya bahwa abad ke-19 merupakan akar sistem pendidikan kita
Dan tentunya hal tersebut merupakan sebuah pencapaian yang hebat
Dan hal tersebut tentunya akan memunculkan hal-hal yang hebat
Sistem itu akan menghasilkan keterampilan dan pembelajaran dan membaca
Namun sistem itu juga akan membuat menyia-nyiakan imajinasi
Menyia-nyiakan keinginan. Menyia-nyiakan kepercayaan sosial.
Akar itu akan menstratifikasikan masyarakat
sama besarnya seperti ia membebaskan masyarakat
Dan kita mewariskan pada negara berkembang
sistem sekolah yang akan membutuhkan waktu
satu abad untuk direformasi
Oleh karena itu kita membutuhkan pemikiran yang benar-benar radikal
dan kenapa pemikiran radikal saat ini
lebih mungkin dan lebih dibutuhkan dibanding sebelumnya dalam hal bagaimana kita belajar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar